Dracula Telah Merubah Diri Saya!!!

25 January 2010
LIHAT JUDULNYAAAA!!LIHAAAAT!!!
hehehhehehe...

Bram Stoker sukses udah membuat selera saya akan novel berubah sedikit..
dari fiksi fantasi ke horror misteri...
hho.

Oke.
Disini saya bukan menulis tentang Dracula, si Pembantai Umat Islam dalam perang salib...
Tapi tentang Dracula dari sisi fiksi...dari novelnya..
Jadi...jangan pake emosi ya..hehhe

yayaya.
Jadi begini teman...
Liburan semester ini saya membeli sebuah novel keren:

Dracula - Bram Stoker :)

Tepat 1 minggu saya baru bisa menyelesaikan novel ini...
Yahh...namanya juga dbaca pas liburan...dipotong main, dipotong ke rumah mbah di Jawa...
Agak lama deh jadinya..
*alasan.hehe



Jadi, setelah melakukan telaah pustaka...
Ternyata...
Novel ini pertama kali terbit pada tahun 1897 (udah lama banget!).
Novel ini bisa dibilang novel pertama yang mempopulerkan kisah dracula/vampir.


Novel Dracula ini ditulis Bram Stroker kayak sebuah buku harian, atau istilah sastranya dikenal dengan ‘epistolary novel’ yang isinya merupakan kumpulan catatan harian, telegram, surat-surat para tokoh-tokohnya, kliping surat kabar, alat rekam, dll.

Gaya penulisan seperti ini lazim ditemui di novel-novel abad 19. Jadi novel ini berisi berbagai catatan harian yang disusun secara urut tanggal dari para tokoh-tokohnya yaitu Jonathan Harker, Mina Harker, Lucy, Dr. Seward, dan Van Helsing. Selain itu terdapat juga artikel surat kabar, isi sebuah telegram, dan surat menyurat antar para tokohnya.

Tapi yang saya lihat, kayaknya Bram Stoker ini lupa deh kalo seharusnya gaya tiap orang dalam menulis diary itu beda-beda..dari beberapa orang yang menulis catatan harian, gaya bahasanya persis sama.
:)
hhe.


Di novel ini juga tertera cara-cara yang diluar nalar dan bersifat takhayul, seperti menggunakan bawang putih sebagai penangkal vampire, mensterilkan peti Dracula dengan hosti (roti perjamuan kudus), memusnahkan vampir dengan memenggal kepala dan menusuk jantungnya dengan benda tajam.


Novel ini keren banget...klasik...dari gaya bahasa Bram Stoker sampai alurnya...semuanya keren..
Bahasanya juga mendayu-dayu romantis gitu *ihiy...
Kisah cinta dan kalimat-kalimat sayangnya sungguh luhur dan merasuk hati (apa sihhh?)


Kalau anda semua tahu..
Alasan saya membeli novel ini, selain sudah terlebih dahulu tahu ceritanya, alasan lainnya yaitu...COVERNYA..
\(>.<)/yeeeah


Sampul bukunya dibuat mirip buku-buku kuno lengkap dengan bercak-bercak keusangan, sampai abang saya (ga tau dia yang bodoh ga tau emang efeknya yang terlalu keren sehingga bisa menipu) bilang:

Abang: "ini kan bukunya baru...kok udah buluk gini?parah lo...65ribu sehari rusak..."

Saya: "........"

Warna covernya hitam pekat usang dengan tulisan “Dracula – Bram Stroker dalam bingkai emas. Punggung bukunya dibuat dengan beberapa ukiran emas khas buku-buku abad 19. Sedangkan pinggir halamannya disalut dengan warna merah darah (hihiihihi...buku ini berdarah-darahhhhhh). Kemasan seperti ini tentu saja membuat orang penasaran terhadap buku ini..


TWO THUMBS UP.
8 of 10.
wajib baca.beli.jangan minjem.
:) hahahhaha

Saya suka banget sama novel2 lawas...
tau Gone with The Wind?
Itu salah satu favorit saya loh...

Arrghh...saya jadi kecanduan buku-buku lama..
Saya doain semoga Gramedia menerbitkan ulang novel-novel klasik lawas bermutu supaya saya gak bersin-bersin waktu membaca :)

Dan karena liburan masih 2 minggu lagi....
Saya mau menyelesaikan novel yang sudah saya beli hampir 1 tahun yang lalu, yaitu Brisingr...
Kalo udah abis sebelum liburan berakhir?
Ya beli aja lagi...
hahhahaa...


Kalo kata Bapak saya mah:
"Jangan ragu-ragu untuk menginvestasikan uangmu untuk buku...(^^)"


*tapi jangan lupa juga menginvestasikan uang kita untuk yang lainnya,misalnya bikin usaha dan membeli emas...hehhee

2 comments:

  1. Disini saya bukan menulis tentang Dracula, si Pembantai Umat Islam dalam perang salib...
    Tapi tentang Dracula dari sisi fiksi..

    Hmm, ini ada tulisan tentang Dracula dan kawan-kawannya (vampir) dari sisi (sok) ilmiahnya. :)

    http://netsains.com/2009/01/menyingkap-legenda-vampir-melalui-biokimia

  1. akang yang nulis yah?
    hebat deh
    :D

    iya.saya pernah juga tuh baca di intisari..
    emang ada penyakit kayak gtu,,
    agak2 mengerikan ya..

Post a Comment